Harga Karet Anjlok, FARCI PADI Diminta Petani Agar Prabowo Stabilkan Harga

SuaraHeadline.com Jawa Tengah – Forum Aliansi Relawan Cinta Indonesia (FARCI) PADI mengaku, petani karet mengeluhkan terhadap harga karet yang anjlok dimasa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diharapkan Capres-Cawapres nomor urut #02, Prabowo-Sandi dapat menstabilkan harga karet bila terpilih kelak.

“Kami siap membantu petani untuk mediasi kepada pasangan Prabowo-Sandi agar harga karet di petani dapat stabil,” kata Ketua Umum FARCI, Suhartoyo dalam rangka Sosialisasi Pemenangan Prabowo-Sandi di Pati, Jawa Tengah, Minggu (3/2/2019).

Dia menjelaskan, saat ini masyarakat di pedesaan khususnya petani karet bertanya-tanya kenapa harga karet terus menurun. Pada Padahal, para petani sudah berusaha getah karet yang dihasilkan berkualitas baik, seperti kering dan bersih.

“Mungkinkah Bapak Jokowi tidak mampu jadi presiden rakyat?” tanya Hartoyo.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FARCI PADI, Andri Yanto menjelaskan, bahwa sudah beberapa tahun belakangan ini harga karet di tingkat petani menurun. Parahnya, sejak Joko Widodo jadi Presiden harga karet terus anjlok. Kini harganya hanya kisaran Rp 7 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 15 ribu.

“Pak Jokowi kenapa tidak bisa mensejahterakan petani Karet, Tolong jelaskan Pak Jokowi?” tutur Yanto.

Dia menambahkan, akibat rendahnya harga karet saat ini berdampak pada perekonomia para petani.

“Petani karet menjadi sengsara dan menjerit, banyak anak petani yang berhenti dan terancam berhenti sekolah, dan merebaknya kriminal seperti pencurian di tengah-tengah masyarakat,” cetus Yanto.

Kemudian Bendahara RAMAI dan Pembina Simpul-simpul Ormas termasuk FARCI PADI, Yuliana menjelaskan, berdasarkan aduan dari para petani bahwa harga karet di daerah Sumatera kini anjlok hanya Rp7.000 per kg sangat tidak menguntungkan petani dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Seharusnya Presiden Jokowi mempedulikan Petani Karet, jangan banyak belusukan ke Desa akan tetapi tidak ada upaya untuk memperhatikan petani Karet.

“Tolong dengarkan jeritan para petani Presiden Jokowi, jangan biarkan Petani karet menderita masalah harga karet terus Anjlok. Pemerintah segera mencari solusi untuk mengembalikan harga karet yang anjlok ini,” tegas Ana sapaan akrabnya.

Dalam roadshow sosialisasi Pemenangan Prabowo-Sandi sendiri dilakukan selama dua hari Sabtu-Ahad tanggal 2-3 Februari 2019 di Pati, Jawa Tengah.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *