40 TAHUN BANK BTN SALURKAN KPR UNTUK 3,77 JUTA RUMAH

img-20161213-wa0101

Suaraheadline Jakarta – Komitmen PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN) dalam mendukung program perumahan untuk rakyat terus dipertahankan. Selama 4O tahun. Bank BTN teiah menyalurkan Kredut Pemiirkan Rumah (KPR) untuk lebih dan‘ 3.77 juta unit rumah dengan niIai kredit sebesar Rp 178 trilyun di seiuruh Indonesia Bank BTN konsisten berkontribusi di berbagai program pemen’ntah untuk menyediakan rumah bagi seluruh segmen masyarakat terutama dalam hal pembiayaan.

Pada perayaan Hari Ulang Tahun KPR BTN yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2016, Bank BTN menegaskan perannya sebagai Bank yang fokus pada pembiayaan perumahan. ‘40 tahun kami menunjukkan bakti kami untuk mewujudkan jutaan rumah untuk keluarga Indonesia menjadi tema utama kami dalam perayaan HUT KPR.‘ kata Direktur Utama Bank BTN Maryono pada acara HUT KPR BTN di Menara BTN, Selasa (14/12) di Jakarta.

Dalam perjalanannya selama 40 tahun Bank BTN ikut andil dalam program pernbiayaan rumah yang diprakarsai oleh Pemerintah terutama program KPR Subsidi, dimulai sejak skema Kredit Likuiditas Bank Indonesia , subsidi bunga, subsidi uang muka hingga Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Konsistensi Bank BTN juga teruji saat dinamika ekonomi den politik terjadi. penyaluran KPR Subsidi BTN tetap terdepan sehingga Bank BTN.berdasarkan Kementerian PUPR tetap mempertahankan pangsa pasamya di KPR Subsidi sebesar 97 % (data per Jun’ 2016).

Sebagai penguasa pasar, sejak tahun 1976 hingga September 2016 Bank BTN telah menguourkan KPR Subsidi untuk: 29 juta unit rumah dengan total kredit mencapai Rp 84, 8 triliun. Kiprah Bank BTN untuk menyukseskan program pemerintah tidak hanya dalam pelayanan KPR Subsidi ,tapi juga pada program sejuta rumah yang yang dicanangkan presiden Joko Widodo pada tanggal 29 April 2015 .Pada program tersebut, Bank BTN mengucurkan KPR dari kredit konstruksi.

‘Per 30 November 2016. dari target 570 ribu unit rumah, Bank BTN sudah menyalurkan KPR untuk 187.588 unit rumah dengan dukungan kredit konstruksi belum KPR sebesar 361.139 unit rumah,‘ kata Maryono. Pencapaian tersebut sudah 96 persen dari target. Untuk mengejar target, Bank BTN menawarkan sejumlah solusi dan strategi dengan inovasi digital lewat pengajuan aplikasi KPR secara online. dan mengoptimalkan situs www.btnproperti.co.id memudahkan nasabah meraih properti impiannya.

Sementara untuk tahun 2017 mendatang, sesuai dengan amanat Pemerintah lewat Paket Kebijakan Ekonomi jilid XIII untuk program Rumah bagi masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR, Bank BTN akan menguji coba skim KPR bagi pekerja informal dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Pencapaian Bank BTN dalam mendukung program sejuta Rumah, tidak lepas dari peranan Kementrian BUMN dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam mensinergikan BUMN lain, terutama BUMN Karya. Selain peran Pemerintah, Bank BTN juga banyak di dukung oleh pengembang properti yang selama ini menjadi mitra setia Bank BTN, tercatat sebanyak 3000 pengembang yang telah bekerjasama dengan Bank BTN.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap para pihak yang terlibat dalam bisnis KPR, dalam kesempatan yang sama, Bank BTN memberikan penghargaan kepada mitra pemerintah, diantaranya Kementrian PUPR , Kementrian Keuangan dan Pusat Pengolahan Dana Pembiayaan Perumahan. Bank BTN juga memberi penghargaan kepada para mitra Pengembang Utama yang telah bersinergi dengan Bank BTN selama lebih dari 20 tahun. Penghargaan tersebut diberikan kepada ISPI Group, Perumnas, Gapura Prima Group , Duta Putra Group dan Kalindi Land. Selain Pengembang yang loyal, Maryono juga berterimakasih kepada para stakeholder yang mendukung Bank BTN bersama dengan Pemerintah dalam mengatasi kekurangan pasokan tempat tinggal. ” Kami harap dengan makin banyaknya Pengembang yang bekerjasama dengan Bank BTN, program sejuta Rumah bisa lebih cepat yang terrealisasi untuk memenuhi kebutuhan perumahaan bagi masyarakat luas” kata Mulyono. (Bud)

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *