Tiopilus Hanye (Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Mahakam Ulu) Hadir Diacara Rakernas ADKASI Ke-2

SuaraHeadline.com Jakarta – Rapat Kerja Nasional Tahun ke-2 tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seluruh Indonesia (Adkasi) kembali digelar di Hotel Borobudur Jakarta. Acara yang berlangsung dari 02-04 Oktober 2023 ini mengambil tema “Peran DPRD Dalam Penyamaan Persepsi Dan Implementasi Perpres No.53 Tahun 2023 (Revisi Perpres No.33 Tahun 2020) Dalam Pelaksanaan Pemilu 2024 & Pemilukada 2024”.

Di sela-sela acara Rakernas ADKASI ke-2, beberapa awak media mewawancarai politisi PDI Perjuangan asal Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Mahakam Ulu, Tiopilus Hanye.

Menurut Tiopilus Hanye,”Tentang Perpres 53 Ya tentu kami menyambut baik dan apa namanya senang dengan perjuangan teman-teman di Adkasi yang begitu gigih,

Bayangkan dari tahun 2020 Perpres 53 itu terbit dengan seragamnya apa namanya uang harian, representatif dari Sabang sampai Merauke yang sama, sementara kita yang ada di pedalaman di perbatasan lebih tinggi biaya perjalanan dinasnya.

Ini yang menjadi keluhan kemarin sehingga seluruh teman-teman di Adkasi berjuang ke pemerintah pusat, Kemendagri, Kemenkeu hingga keluarlah perpres 53 ini bentuk perjalanannya di lamsam.

Kami sudah memanggil opd terkait apa namanya bagian Keuangan kemudian bagian hukum dan inspektorat untuk menyamakan persepsi, tapi mereka masih memegang prinsip kehati-hatian karena belum ada juklak juknis sehingga masih mereka menunggu surat edaran atau Permendagri dari Kementerian Dalam Negeri.

Tadi sudah dijelaskan oleh Kemendagri dan Kemenkeu bahwa tidak mesti harus menunggu surat edaran dan Permendagri itu cukup dengan peraturan perkara yang ada.
Ini yang akan kami sampaikan lagi ke daerah kami dan pemerintah bisa mereviu dan merevisi mekanisme Peraturan Kepala Daerah tentang perjalanan dinas dan kami menyambut baik 53 ini yang juga bisa meningkatkan kinerja dewan DPRD tentunya karena selama ini kita sibuk mengurus kwitansi mengurus bil Hotel, mengurus kwitansi mengurus macam-macam bahkan eh nota-nota. Masa DPRD sibuk ngurus nonton-nota kuitansi segala macam ini. Dengan adanya Perpres ini otomatis akan bisa meningkatkan kinerja kami dan kami tidak sibuk mengurus administrasi yang tetek bengeknya ribet itu gitu yang mungkin ini yang dari saya.

Sekali lagi kita menunggu surat edaran tapi saya yakin tadi dari arahan dari tadi Mungkin dalam waktu dekat akan turun surat edaran tentang 53 ini. Nah mungkin ini dari saya terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa namanya ada pertanggungjawaban tetapi segala bentuk nota bil kuitansi itu bukan perhitungan tetapi pertanggungjawaban pelaksanaan keluarnya dana tapi sebagai bentuk pelaksanaan di lapangan nah itu yang akan disampaikan ke anggota dewan kemudian memberikan bentuk pertanyaannya Seperti apa namanya Bill Hotel tiket pesawat tapi tidak mengurangi standar yang sudah Tentukan seperti itu mungkin dalam satu minggu ke depan semester perjalanan dinas sebenarnya ini tidak mempengaruhi kenaikan jumlah perjalanan dinas DPRD karena kemarin itu sudah ada dan yang itu nah ada juga uang harian dan presentasi itu kan transportasi itu yang ekor nah item yang langsung selama ini kan uang representasi sama eh uang harian nah tapi dengan Perpres Nomor 53 ini semua item itu akan dilamsam semua include-nya udah ada standar

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *