Menanamkan Empat Pilar Berawal dari Keluarga

SuaraHeadline.com Cilacap – Keluarga merupakan kelompok atau unit sosial terkecil dari sebuah Bangsa. Namun, justru memiliki peran yang sangat besar dalam menanamkan nilai-nilai kepada anak yang akan menjadi generasi penerus Bangsa.

“Keluarga memang unit terkecil dari sebuah Bangsa. Namun memiliki peran yang sangat besar tertutama dalam menanamkan nilai-nilai,” ujar Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Siti Mukaromah, dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar, di Kroya, Cilacap, Minggu (4/12).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan kepada masyarakat yang hadir, bahwa orang tua dapat menumbuhkan perasaan kasih sayang diantara sesama anggota keluarga. Kemudian menanamkan budi pekerti yang luhur, sopan santun, rasa nasionalisme dan cinta tanah air, dan sebagainya.

“Nilai-nilai luhur, nilai-nilai yang baik mengenai bagaimana bersikap, moral yang baik, sopan santun, rasa nasionalisme dapat ditumbuhkan di dalam keluarga,” tukas Erma yang juga Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, lanjutnya, menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua dalam mendidik anak dan menanamkan nilai-nilai tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang lebih kepada anak sehingga merasa nyaman.

Pengajaran nilai-nilai dalam keluarga, menurut Erma harus disertai dengan keteladanan orang tua dalam bersikap sebagai contoh bagi anak-anaknya. Kegiatan sosialisasi empat pilar yakni mengenai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Undang-undang Dasar 1945.

Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat. *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.