Yayasan Memohon Presiden Tetapkan Guru Nahum Situmorang Jadi Pahlawan Nasional

_20161103_173005

Suaraheadline – Almarhum Guru Nahum Situmorang adalah komponis Batak terbesar yang pernah dilahirkan. Pendekar seni musik”(maestro) Batak inilah yang telah menciptakan ratusan lagu yang tetap popular hingga kini.

Banyak lagu ciptaan Nahum belum sempat dirilis, sampai ia meninggal pada 1969. Kepiawaian Nahum mencipta lagu, setara dengan komponis Batak lainnya yang ada.

Sejumlah Karya ciptaan Nahum yang terkenal sampai saat ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat batak yang berkenginan Guru Nahum Situmorang menjadikan seorang pahlawan nasional.

Melalui Yayasan Karya Cipta Abadi Guru Nahum Situmorang sebagai pemegang hak cipta 171 Judul karya Nahum Sitomorang yang terdaftar pada dirjen Haki telah mengajukan usulan permohonan Guru Nahum Situmorang menjadikan seorang pahlawan nasional bidang seni dan budaya.

“Berdasarkan undang undang RI nomor 20 tahun 2019 tentang gelar, tanda jasa dan gelar kehormatan dan peraturan pemerintah no 45 tahun 2010 telah memenuhi syarat umu. Dan syarat khusus dengan berdasarkan bukti bukti yang ada, Maka kami telah mengajukan permohonan kepda pemerintah untuk menjadikan Kepada Komponis Guru Nahum Situmorang sebagai Pahlawan Nasioanal”, ujar Ketua Yayasan Karya Cipta Abadi, Andar Mangatas Situmorang saat di tanya awak media di Jakarta,(31/10/2016).

Kepiawaian Nahum menciptakan karyanya hingga kini banyak di perdengarkan lagu dengan lirik yang khas di perdengarkan baik di dalam negeri mau di luar negeri.

Ia juga menambahkan, Setiap acara perwakilan negara sahabat seringkali lagu Guru Nahum Situmorang menjadi suasana pengantar setiap acara resmi kenegaraan.

“Lagu ciptaaan Guru Nahum Situmorang terbukti telah mengharumkan nama bangsa yang selalu di perdengarkan pada saat acara resmi kenegaraan”, Ungkap Andar Mangatas Situmorang.

Karena itulah lanjut Andar,suatu Kehormatan Bangsa NKRI, Bangsa yang bermartabat mengabulkan ajuan permohonan yayasan KCA KGNS dengan menetapkan pemberian gelar pahlawan bagi Komponis Guru Nahum Situmorang.(ind/sh)

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *