Bakulan Unik dan Rumah Batik Palbatu Ajak Generasi Muda Berkarya Lewat Batik

SuaraHeadline.Com Jakarta – Batik merupakan ciri khas budaya bangsa kita. Kehadirannya tidak hanya sebatas kain tradisional tapi juga menjadi simbol kekayaan adat dan budaya Indonesia yang diakui dunia internasional.

Baju batik sendiri kini tak dipandang lagi sebagai pakaian yang hanya cocok dikenakan oleh orang tua. Karena batik kini telah sangat merakyat dan dipakai oleh segala usia, bahkan menjadi tren anak muda saat ini.

Potensi peluang usaha atau bisnis batik pun tidak ada matinya. Batik yang merupakan identitas negara adalah warisan budaya yang harus dilestarikan. Apalagi pemerintah sudah mengesahkan hari batik se-Indonesia untuk mempertahankan dan mengembangkan perbatikan nusantara.

Tentu, hal tersebut merupakan peluang yang menjanjikan bagi siapa saja yang ingin terjun ke bisnis batik, seperti yang dilakukan oleh Harry selaku owner dari Bakulan Unik sekaligus Founder Rumah Batik Palbatu Jakarta.

Nama Bakulan Unik sengaja dipilih karena mengandung arti “berjualan sesuatu yang unik”, salah satunya yakni batik tulis. Semenjak zaman industrialisasi dan globalisasi, batik jenis baru memang mulai bermunculan, seperti yang dikenal sebagai batik cap dan batik cetak, sementara batik tradisional yang diproduksi dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut dengan batik tulis.

Harry menerangkan bahwa dirinya telah mulai menjalankan usahanya sejak tahun 2018, dengan niatan untuk ikut melestarikan juga ingin mengajak anak-anak muda dan teman disabilitas untuk bisa berkarya lewat batik.

“Nah bedanya, kami menghadirkan motif batik kontemporer yang bersifat kekinian agar juga diminati generasi muda. Jenis yang kami hasilkan pun beragam, dari batik tulis,batik cap dan batik kombinasi, namun tetap dengan pakem proses batik yang dahulu dilakukan,” terang Harry.

Harry mengaku, karena keterbatasan produk, maka untuk sementara ini produksi batiknya hanya diarahkan untuk diperjualbelikan secara offline. Namun ke depannya tidak menutup kemungkinan untuk membuka cara penjualan secara online.

“Jadi kami siapkan stok dahulu agar bisa melayani pembeli dengan stok yang tersedia lebih banyak,” tambah Harry.

Harry berharap, ke depan dirinya memiliki lebih banyak produk yang dapat diminati oleh anak muda, dengan tetap mengangkat batik asli yakni batik yang sesuai prosesnya.

“Apalagi usaha kami terdampak pandemi, sehingga ini salah satu cara kami bangkit,” ungkapnya.

Nah, bagi Anda yang berminat untuk mengoleksi batik-batik cantik produksi dari Bakulan Unik atau Rumah Batik Palbatu, silakan datang ke Jakarta Marketing Week 2022 yang diadakan mulai 18 hingga 22 Mei 2022 di Grand Atrium Mosaic Walk Kota Kasablanka.

Atau anda juga bisa mengunjungi sosial media Instagramnya di @mybakulanunik dan @rumah_batik_palbatu. Atau Anda juga bisa datang langsung ke toko offline-nya yang beralamat di Jalan Palbatu 4 no 17 RT 9 RW 4 Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan
(08161493612).

Bakulan Unik dan Rumah Batik Palbatu selalu menghadirkan batik asli yang dibuat melalui proses!

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *