Satupena Akan Diskusikan Perkembangan Gerakan Perempuan di Indonesia

SuaraHeadline.com Jakarta – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang perkembangan gerakan perempuan di Indonesia. Yakni, apakah gerakan perempuan saat ini sudah sampai ke tahap ideal, seperti yang dicita-citakan tokoh emansipasi perempuan, R.A. Kartini.

Obrolan Hati Pena #35 itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis (21/4), pukul 20.00-22.00 WIB. Sebagai narasumber adalah Edriana Noerdin, Direktur Riset dari Women Research Institute. Pemandu diskusi adalah Swary Utami Dewi dan Anick HT.

Menurut penyelenggara diskusi, webinar ini diadakan terkait peringatan Hari Kartini, 21 April. Maka diskusi ini juga akan mengulas, apakah membaca Kartini hari ini masih relevan. Juga, bagaimana perempuan saat ini harus melihat dan memosisikan Kartini.

Dinyatakan, lebih dari 120 tahun yang lalu, Kartini telah mendobrak zamannya. Kartini melawan feodalisme, kolonialisme, dan misogini, melalui pena dan gebrakannya membangun sekolah perempuan.

Kartini telah menginspirasi para pemuda yang tergabung dalam Perhimpunan Indonesia dan Budi Utomo, serta menstimulasi tumbuhnya sekolah-sekolah perempuan di berbagai daerah.

Dalam webinar ini juga akan dibacakan surat-surat Kartini. Dua pembacanya adalah Nur Sitha Afrilia dari Satupena Jawa Tengah dan Titi Nurmala Kekenusa dari Satupena Sulawesi Utara.

Acara ini bisa diikuti melalui link zoom https://s.id/hatipena35 dan livestreaming melalui Youtube Channel: Hati Pena TV. Juga, Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *