PPKM Darurat, Bansos Covid-19 Kembali Diberikan Sampai Agustus

SuaraHeadline.com Jakarta – Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM Darurat, pemerintah akan memperpanjang Bantuan Sosial Tunai (BST) selama dua bulan hingga bulan Agustus 2021.

“Seperti diketahui BST ini dialokasikan untuk 10 juta masyarakat yang tidak mampu dan keluarga miskin, dan kriterianya adalah mereka yang belum menerima program PKH dan Kartu Sembako. Selain itu memiliki NIK, Kartu Keluarga dan telepon yang bisa dihubungi,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konpers Aspek APBN terhadap Implementasi PPKM Darurat, Jumat (2/7/2021).

Namun sepanjang bulan Januari-hingga April 2021, penyaluran BST baru pada 9,6 juta Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) dengan anggaran Rp 11,94 triliun. Penyaluran dilakukan setiap bulannya, sebesar Rp 300.000 / bulan untuk setiap KPM.

“Nah, untuk perpanjangan dua bulan ini kita akan bayarkan di bulan Juli dan Agustus. Targetnya 10 juta KPM di 34 provinsi. Perpanjangan BST dua bulan ini membutuhkan anggaran 6,1 triliun rupiah,” jelas Menkeu.

Data kelompok penerima yang digunakan untuk perpanjangan BST ini mengacu pada data penerima penyaluran pada bulan Januari-April 2021 yang realisasiny dari target 10 juta KPM baru terealisasi 9,6 juta KPM.

“Nanti kalau datanya sudah terpenuhi 10 juta, maka anggarannya akan digunakan untuk 10 juta target KPM tersebut,” tukasnya.

Dengan perpanjangan program BST selama dua bulan, total anggaran untuk program ini mencapai Rp 18,04 triliun.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *