Tiga Program Bansos Pemerintah 2021 Resmi Diluncurkan

SuaraHeadline.Com Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Sosial akan mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk tahun 2021 bagi masyarakat yang terdampak pandemi virus corona. Secara resmi, bansos diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Senin (4/1/2021) pukul 14.00 WIB, di Istana Presiden, Jakarta.

“Tahun 2021 ini penyaluran bansos akan terus kita lanjutkan. Dan di dalam APBN 2021 telah kita siapkan anggaran sebesar Rp 110 triliun,” ujar Jokowi.

“Dari Sabang sampai Merauke. Dari Mingos sampai ke Pulau Rote. Dalam rangka membantu masyarakat atasi dampak pandemi Covid-I9,” lanjutnya.

Adapun Bansos yang diluncurkan tersebut terdiri dari tiga jenis, yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Program sembako dan Bantuan Sosial tunai (BST). Total, ada sekitar 38,8 juta penerima untuk ketiga bantuan tersebut yang akan disalurkan kepada seluruh penerima yang tersebar di 34 provinsi.

Mengenai kategori penerima, jadwal penyaluran, dan besaran bantuan dijelaskan sebagai berikut:

Program Keluarga Harapan (PKH)

Penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan dilakukan oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) yangvtelah ditetapkan pihak Kemensos melalui rekening penerima.

Penerima bantuan ini berjumlah 10 juta orang. Bantuan ini diberikan dalam empat tahap selama satu tahun, yakni Januari, April, Juli, dan Oktober.

PKH menyasar sejumlah kelompok seperti keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lanjut usia. Besaran bantuan bergantung pada komponen-komponen PKH, mulai dari komponen untuk anak sekolah yang berjenjang (SD, SMP, SMA) hingga ibu hamil.

Bantuan PKH juga akan digunakan untuk mendukung program pemerintah dalam penanggulangan tuberculosis (TBC). Kemensos akan memberikan tambahan komponen kesehatan berupa bantuan bagi keluarga yang memiliki anggotanya penyandang TBC.

Bantuan Sembako Pemerintah (BSP)

Untuk Program Sembako, penerima akan mendapatkan bantuan senilai Rp 200.000. Penyalurannya sepanjang tahun, disalurkan mulai Januari hingga Desember 2021. Khusus bagi warga Jabodetabek yang semula menerima bantuan sembako, mulai 2021 tidak akan lagi menerima bantuan yang sama dan diganti dengan bantuan langsung tunai. Penerima bantuan program sembako ini berjumlah 18,8 juta orang, melalui transfer ke rekening yang akan dilakukan oleh Himbara.

Bantuan Sosial Tunai (BST)

Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300.000 berjumlah 10 juta orang. Pencairannya dilakukan selama empat bulan berturut-turut, terhitung sejak Januari hingga April 2021. BST akan disalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui mekanisme pos.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *