Deloitte Indonesia, Bahar Law Firm, dan CHAPTERS Launching Studi eHealth Untuk Masyarakat Indonesia

SuaraHeadline.com Jakarta – Setelah dilakukannya soft-Iaunching pada tanggal 22 November 2018 lalu dan mendapatkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan di bidang kesehatan, Deloitte Indonesia, Bahar Law Firm, dan CHAPTERS secara bersama-sama mengadakan grand-launching studi pertama di Indonesia mengenai perkembangan teknologi kesehatan digital (eHealth).

Studi ini mengupas berbagai sisi, baik tentang teknologi kesehatan yang digunakan oleh para praktisi di rumah sakit, maupun aplikasi teknologi yang bisa diakses langsung oleh masyarakat berikut berbagai layanan yang ditawarkan. Revolusi digital di bidang kesehatan ini didorong oleh pesatnya teknologi dan inovasi di bidang kesehatan yang semakin mengarah pada teknologi kesehatan yang bersifat inklusif dan memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak hal, mulai dari berbagi dan mencari informasi kesehatan, berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan resep, bahkan mengunduh berkas kesehatannya.

Perkembangan teknologi memaksa perubahan yang dramatis di berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan. Kemudahan berbagi informasi merupakan inovasi yang menjadi kata kunci revolusi teknologi kesehatan. Di dunia internasional pengobatan jarak jauh (telemedicine), diagnosa prediktif, sensor melalui tubuh dan serangkaian aplikasi canggih mengubah cara manusia mengelola kesehatannya. Di Indonesia, perjalanan ke arah kemudahan tersebut semakin terbuka, kini pengobatan jarak jauh semakin dimungkinkan, orang mulai menggunakan perangkat elektroniknya untuk berkonsultasi dengan dokter, berbagi informasi kesehatan antar sesama pasien, memesan dan membeli obat, dan bahkan untuk mengambil data kesehatan pasien. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia tahun 2017 menyatakan bahwa sebanyak 51% masyarakat yang menggunakan aplikasi kesehatan memanfaatkan untuk mencari informasi kesehatan, dan sebanyak 14,05% menggunakannya untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Fakta ini semakin menguatkan kemunculan revolusi pengelolaan kesehatan di kalangan masyarakat. Claudia Lauw Lie Hoeng, Country Managing Partner Deloitte Indonesia berharap, “Hasil studi ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dalam industri eHealth, faktor keamanan baik bagi industri maupun konsumen menjadi fokus perhatian kami. Kami berharap, studi ini dapat memberikan masukan konstruktif bagi para pengambil keputusan untuk membangun infrastruktur eHealth yang kokoh di Indonesia.”

Pada sisi lain, studi yang dilakukan Deloitte Indonesia, Bahar Law Firm, dan CHAPTERS ini menemukan bahwa pesatnya perkembangan industri di bidang ini belum diimbangi dengan perlindungan berupa regulasi hukum terkait yang memproteksi dan menjelaskan ruang llingkup layanan para pemanfaat, masih longgarnya kewajiban vendor yang mengelola sistem elektronik di bidang eHealth, dan belum adanya pusat data terpusat untuk skala nasional. Menurut Managing Partner Bahar Law Firm, Wahyuni Bahar,”Berkaca dari pengalaman negara-negara lain, proteksi hukum baik bagi pelaku industri eHealth maupun masyarakat luas sebagai pemanfaat sangat penting untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan teknologi dalam industri ini.”

Melalui grand-launching yang diadakan pada hari [Rabu/Kamis, 7/8 Agustus 2019], diharapkan para pemangku kepentingan di bidang kesehatan bisa mendapatkan pandangan mengenai kondisi terkini maupun road-map eHealth di Indonesia kedepannya. Chairman CHAPTERS Indonesia, Dr. Luthfi Mardiansyah mengatakan, “Untuk membangun teknologi eHealth yang kuat dan mumpuni, kita perlu mengikutsertakan dan mendapat masukan dari para pemangku kepentingan yang kemudian memperkuat dorongan kepada pemerintah melalui studi eHealth ini bagi perlindungan kepada masyarakat.” Hasil dari studi ini kemudian telah diserahkan kepada pemerintah sebagai masukan bagi kementerian terkait dalam rangka mendorong perbaikan infrastruktur di bidang eHealth dengan tujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat dan kemajuan eHealth dimasa depan.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *