President University Siapkan Cetak SDM Unggul dan Bersaing di Dunia Kerja

SuaraHeadline.com Jakarta – Peluang mencari kerja tentu sangat sulit bila tidak ditunjang dengan kuliah di Universitas yang mengarahkan pada penjurusan sesuai kebutuhan di dunia kerja. President University akan mengerti kebutuhan masyarakat yang kuliah ditempatnya dengan skill (kemampuan) pada anak didiknya.

Sehingga terjun ke perusahaan-perusahaan di Indonesia menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Dengan kompetisi yang ketat diharapkan mahasiswa yang telah lulus dapat berkarir sesuai bidang yang diinginkannya.

Dalam acara ini, Rektor President University, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto. menyampaikan, pentingnya bagi Universitas untuk mempersiapkan mahasiswanya menjadi SDM unggul yang siap bersaing di dunia kerja.

“Oleh karena itu, President University akan terus melakukan peningkatan kualitas yang berkeIanjutan melalui berbagai program dan penambahan fasilitas,” kata Jony pada acara “Alumni Sharing Session: 17th Anniversary Celebration of President University” di Menara Batavia, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

Jony menambahkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di President University, pihaknya juga mengundang orang-orang diluar negeri untuk membagikan ilmunya kepada mahasiswanya yang memiliki kemampuan dengan kualifikasi yang tinggi, juga orang-orang di industri diundang untuk sharing di President University.

Dalam acara Alumni sharing Session ini, merupakan bagian dari rangkaian acara perayaan Dies Natalis ke-17. Acara ini diadakan untuk merayakan hari jadi President University dan memperkuat hubungan antara alumni, mahasiswa, dosen, dan staf President University.

Turut hadir dalam acara ini, SD. Darmono, D.Univ. (Hon), Pendiri President Unviersity sekaligus PT. Jababeka. Tbk., dan Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA, Ketua Yayasan Pendidikan Universitas President.

Lebih lanjut Budi, juga membagikan pengalaman yang didapat di dunia kerja, mahasiswa dan seluruh akademisi di President University dapat mengetahui tren di dunia kerja. Hal ini akan membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk siap bersaing di dunia kerja.

“Kami juga memiliki para pengajar yang bergelar master yang juga bekerja di kawasan industri, jadi hubungan kami sangat kuat. Mereka bisa sambil mengajar dan bekerja. Ini terbukti 93% mahasiswa kami mendapatkan pekerjaan sebelum di wisuda. Itu dapat dilihat dari statistik yang kami dapati,” tutur Budi.

Dengan dinamika industri berubah yang sangat cepat, pekerjaan yang diminati 10 tahun Ialu sangat berbeda dengan saat sebagian besar orang memilih untuk bekerja di bank atau menjadi pegawai negeri swasta.

“Namun, saat ini banyak orang mengincar peluang berkarir di start-up company. Universitas sebagai institusi yang bertanggung jawab untuk mencetak sumber daya manusia berkualitas unggul, perlu menyikapi perubahan ini dengan tepat,” ujar Alumni Fakultas Bisnis angkatan 2004 President University, Gervasius Patar Haryowibowo Samosir.

Pria yang akrab disapa Patar ini merupakan Partner & Managing Director Indonesia YCP Solidiance ini menjelaskan, Universitas harus dapat membantu mahasiswanya untuk menemukan passion mereka.

“Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat memilih pekerjaan yang tepat dan menikmatinya. Selain itu, universitas juga berkewajiban mengasah soft skills mahasiswa, seperti teamwork, leadership, creativity, dan communication skill yang sangat berguna di dunia kerja,” ungkap Patar.

Lebih lanjut, Patar menyebutkan, bahwa tahun 2019 merupakan era of collaboration. Di era ini, universitas perlu mengoptimalkan model inovasi triple helix. Model ini mengusulkan kolaborasi antara akademisi, industri, dan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dan pengembangan sosial.

Menurutnya, Universitas perlu berinteraksi langsung dengan pemerintah sebagai pembuat regulasi. Hal ini dapat dilakukan dengan aktif mengadakan seminar dan diskusi dengan pihak pemerintah terkait.

Selain membangun hubungan dengan pemerintah, Universitas perlu berinteraksi dengan pihak-pihak pengelola industri. President University terletak di kawasan industri Jababeka yang dikelilingi oleh ratusan perusahaan nasional dan multinasional.

“President University ini merupakan satu-satunya universitas yang terletak di daerah industri. Hal ini memampukannya untuk dapat berinteraksi Iangsung dengan perusahaan-perusahaan di daerah industri tersebut. Tentu fakta ini membuat President University unggul dibanding universitas yang lain,” tambah Patar.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *