Menteri Susi: Jaga Laut Untuk Masa Depan Bangsa

SuaraHeadline.com Jakarta – Laut Indonesia membutuhkan perhatian dari masyarakat luas. Menjaga dan merawat laut harus menjadi tanggung jawab bersama seluruh pihak, terutama pelaku usaha wisata laut, komunitas dan pecinta aktivitas wisata bahari. Karena hanya dengan kerja bersama seluruh kalangan, Iaut Indonesia dapat terselamatkan dari ancaman perusakan, eksploitasi berlebihan dan pencemaran sampah.

Pandu Laut Nusantara, pelopor gerakan cinta laut yang diinisasi oleh lbu Susi Pudjiastuti yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, bersama beberapa tokoh dan selebritas dan musisi; Kaka Slank dan Ridho Slank, mengajak seluruh masyarakat khususnya pecinta laut yang menghadiri Pameran Deep and Extreme Indonesia 2019 untuk membangun kesadaran bahwa menjaga laut adalah bagian dari kehidupan sehari-hari.

Salah satu ancaman besar yang saat ini dihadapi laut Indonesia adalah pencemaran sampah, terutama plastik yang menjadi momok seluruh wilayah perairan Indonesia. Salah satu cara mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang terutama kalangan dan komunitas pencinta laut adalah dengan sukarela membersihkan pantai dan laut di manapun mereka beraktivitas.

Selain sampah, laut Indonesia sebelumnya juga mengalami eksploitasi berlebihan. Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mengeluarkan banyak kebijakan yang mendukung pengelolaan laut lebih sehat dan memberikan banyak manfaat untuk Indonesia. Pengelolaan yang berkelanjutan juga meningkatkan daya saing produk perikanan Indonesia di pasar mancanegara, melalui jaminan  dan peningkatan mutu ikan hasil tangkapan maupun budidaya.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, yang juga merupakan pembina Pandu Laut Nusantara, meyakini menjaga laut adalah juga menjaga masa depan bangsa. “0leh sebab itu saya mengajak para pencinta laut, komunitas, pengusaha, pemerintah daerah untuk kita bergandengan tangan manjaga laut,” tuturnya pada acara dialog di ajang Pameran Deep and Extreme Indonesia 2019 di Hall B Jakarta Convention Center Gelora Senayan  pada Sabtu, 6 April 2019.

”Kita sudah kembalikan kedaulatan atas laut ke tangan bangsa Indonesia dengan mengusir  kapal asing yang mencuri ikan di Iaut kita. Kita sudah atur zonasi penangkapan ikan, alat penangkap ikan, dan menghentikan kegiatan penangkapan ikan yang merusak. Kita galakkan pengelola berkelanjutan. Kini saatnya kita bersama-sama menjaga Iaut. Jangan kotori laut dengan sampah  sampah plastik yang dapat membahayakan kehidupan bawah laut. Jangan Iagi berburu spesies-spesies
ikan yang Iangka dan dilindungi. Mari bersama jaga laut demi masa depan anak cucu. tegas  lbu Susi.

Kaka Slank yang juga salah satu pendiri Pandu Iaut nusantara menegaskan banyak hal yang kita ikutin buat jaga laut. ”Pandu Laut punya gerakan ”Diver Rese” singkatan dari Responsible Driver ini kaitanya sama attitude kita kalo Iagi diving. Janganlah merusak karang. Jangan ganggu hewan-hewan laut, kalo ngeliat sampah diambilin baik baik di dalam laut maupun di pantai”

Musisi Ridho Slank yang juga pendiri Pandu Laut Nusantara mengatakan, “Sebagai musisi saya ingin melakukan apa yang saya bisa untuk menjaga  Iaut, itu sebabnya saya ikut mendirikan pandu laut Nusantara. Pandu Laut ini bukanlah organisasi, tapi sebuah gerakan bersama dari  mereka yang  peduli Iaut. Ayuk bareng-bareng kita lakukan hal-hal baik untuk jaga laut.

Salah satu influencer Pandu Laut Nusantara. Marzuki Kill The DJ, yang getol juga  sebagai youtuber tayangan Iaut menambahkan ”Kita masing-masing punya kemampuan unik , kalo saya buat tavangan di Youtube, semua kemampuan unik itu kalo dikolaborasikan untuk jaga !aut pasti akan berdampak.”

Dalam acara im’ juga, Menteri Susi Pudjiastuti menitipkan Iaut kepada se|uruh masyarakat |uas yag dalam kesempatan ini secara simbolis dititipkan kepada 14 Finalis Putri Selam Indonesia. sebagai perwakilan  generasi muda yang nantinya dipersiapkan menjadi para influencer untuk membangun kesadaran menjaga Iaut. Putri Selam Indonesia selanjutkan akan menjadi bagian dari gerakan Pandu Laut  Nusantara untuk menjaga Iaut masa depan bangsa.

Ibu Susi  Pudjiastuti, bersama Kaka Slank, Ridho Slank, dan Marzuki Kill The DJ, mengaiak semua  masyarakat untuk bergabung dengan Pandu Laut Nusantara. Tidak hanya mengundang Masing-masing orang, tetapi juga organisasi, lembaga, badan usaha, operator wisata dan instansi terkait  lainnya  untuk bersama-sama dalam gerakan menjaga,  merawat dan mencintai laut Indonesia |aut.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *