Resmi Dibuka KTT LB OKI Bahas Palestina

Suaraheadline Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTT LB) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) soal Palestina resmi dibuka di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (6/3/2016). Pembukaan KTT yang secara khusus membahas permasalahan Palestina ini diawali dengan melakukan foto bersama para utusan negara-negara peserta KTT.

Hari pertama penyelenggaraan KTT LB OKI soal Palestina ini akan diawali dengan Pertemuan Pejabat Tinggi atau Senior Official Meeting (SOM) dan Pertemuan Tingkat Menteri pada esok hari. Pertemuan SOM akan membahas draft dan resolusi KTT OKI terkait Palestina, serta draft Deklarasi Jakarta. Pertemuan ini dipimpin oleh Dirjen Multilateral Kementerian Luar Negeri, Hasan Kelib.

Resolusi yang dihasilkan dalam KTT ini akan menegaskan posisi prinsip dan komitmen OKI untuk mendukung Palestina dan Al Quds Al-Sharif. Sedangkan Deklarasi Jakarta, yang digagas oleh Indonesia, memuat langkah-langkah konkrit bagi Palestina dan Al Quds Al-Sharif.

Pertemuan yang mengangkat tema “United for a Just Solution” adalah pertemuan luar biasa yang pertama kali diselenggarakan khusus untuk mencari terobosan guna menyelesaikan isu Palestina dan Al Quds Al-Sharif. KTT ini diharapkan dapat memberikan dorongan pada dunia internasional untuk tetap memprioritaskan penyelesaian isu Palestina dan Al Quds Al-Sharif.

KTT LB OKI ke-5 ini diikuti lebih dari 500 delegasi dari 49 negara anggota, termasuk pada tingkat kepala negara atau pemerintahan. KTT ini juga akan diikuti 3 negara observers atau pengamat, 4 negara/organisasi kuartet internasional, dan 5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB.(Sindo/SH)

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *