Lamudi.co.id Wujudkan Upaya Pemberdayaan SDM Properti Nasional

SuaraHeadline.com Jakarta – Lamudi.co.id sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di bidang properti (PropTech) terbesar di Indonesia memperkenalkan Rekan Lamudi sebagai sebuah komunitas yang bertujuan untuk memberdayakan kompetensi agen sebagai pilar utama dalam pertumbuhan sektor properti nasional. Dalam hal ini, Rekan Lamudi akan mendorong berbagai inisiatif seperti pemberdayaan komunitas, pengenalan produk terbaru, networking, pelatihan dan pelibatan masyarakat.

Pengumuman peluncuran Rekan Lamudi ini disampaikan dalam acara konferensi pers dan ajang penghargaan Lamudi.co.id Agents Awards (LAA) 2022 untuk memberikan apresiasi kepada agen yang selama ini telah berjasa dalam membantu jutaan masyarakat Indonesia menemukan rumah impiannya.

Mart Polman, CEO Lamudi.co.id mengatakan bahwa segala inisiatif di bawah Rekan Lamudi, yang juga termasuk LAA diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan kapabilitas agen sebagai sumber daya manusia (SDM) penting bagi sektor properti nasional dan memberikan insentif bagi agen untuk terus berkembang.

“Kini sektor properti telah memasuki era ekonomi digital dimana para pencari properti baru atau next generation property buyers yang memiliki literasi teknologi tinggi menuntut kemudahan dalam pencarian properti. “Era baru ini juga menuntut agen untuk terus meningkatkan kemampuan literasi digital, sehingga mampu melakukan negosiasi dan edukasi finansial dengan mudah menggunakan teknologi.” Ucap Mart.

Menurut kerangka literasi digital The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yang dikeluarkan pada 2018, literasi digital mencakup tujuh komponen dimana tiga diantaranya dapat diaplikasikan untuk kurikulum pelatihan agen. Tiga komponen tersebut meliputi literasi informasi dan data yang mencakup kemampuan melakukan riset online dan mengumpulkan data relevan, problem solving yang mencakup menggunakan teknologi dalam menjawab kebutuhan konsumen, dan penerapan teknologi dalam ranah karir yang mencakup penggunaan teknologi untuk meluaskan jangkauan pasar.

Dalam upaya untuk memperluas jangkauan pelatihan Lamudi.co.id terhadap agen di luar wilayah Jabodetabek, Lamudi.co.id telah menjalin kerjasama dengan asosiasi agen properti terbesar Indonesia, Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) untuk menjangkau seluruh DPD AREBI di seluruh Indonesia dalam hal pelatihan.

“Kami harap bahwa Rekan Lamudi kedepannya dapat menjadi sebuah pusat kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan sektor properti seperti developer, bank, asosiasi bisnis dan pemerintah dalam penyusunan sebuah materi terstruktur untuk membantu upskilling agen. Lamudi.co.id berharap bisa meningkatkan kemitraan kami dengan kantor agen properti baru dan seluruh pemangku kepentingan sektor properti yang memiliki visi yang sama untuk mewujudkan sektor properti nasional yang kokoh.” tambah Mart.

Pada saat ini, Lamudi.co.id telah bermitra dengan lebih dari 400 developer, lebih dari 10 bank dan memiliki lebih dari 30 ribu jaringan agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Posisi ini menjadikan Lamudi.co.id sebagai PropTech terbesar yang berperan sebagai pusat dari ekosistem digital properti nasional yang menghubungkan seluruh pemangku kepentingan sektor properti dalam segi transaksional.

Cally Alexandra, AVP Broker Classifieds mengatakan bahwa agen memainkan peran penting sebagai penghubung antara developer, bank dan pencari properti. “Lamudi.co.id memberikan apresiasi sebesar-besarnya para rekan agen kami karena keberhasilan mereka dalam melakukan closing memiliki efek ganda pada pertumbuhan sektor perbankan, sektor properti dan industri hilir properti lainnya. Acara LAA 2022 merupakan upaya Lamudi.co.id untuk memberikan dukungan kepada agen untuk terus maju.” Ucap Cally

Sebagai bagian dari Rekan Lamudi, LAA 2022 menghadirkan penghargaan dalam 4 kategori seperti: Fresh Listing, Optimal Listing, Top Spender Agent dan Top Spender Property Office. Penghargaan ini diberikan kepada agen yang tersebar di Jawa dan Bali, namun Lamudi.co.id berharap dapat menjangkau seluruh agen Indonesia dalam ajang penghargaan serupa ke depannya.

Menurut Cally, pemilihan tema “Potensi Agen dalam Mendorong Kemajuan Industri Properti Nasional” sesuai dengan realita baru sektor properti di era ekonomi digital yang memiliki peluang besar bagi sektor properti nasional bila agen sebagai SDM sektor properti dapat dibekali modal yang cukup di sisi teknologi atau hardware dan pelatihan yang menjadi brainware dimana kualitas SDM termasuk didalamnya. Dalam pengembangan keahlian agen secara komprehensif dalam literasi digital dua komponen tersebut harus diperhatikan secara bersamaan.

“Dalam aspek hardware atau teknologi, Rekan Lamudi juga menjadi ajang sosialisasi teknologi terbaru dari Lamudi.co.id untuk menjangkau lebih dari 22 juta pencari properti di dua platform pencarian properti terbesar di Indonesia, Lamudi.co.id dan OLX Properti. Segala inovasi yang kami lakukan di Lamudi.co.id diperuntukan untuk memudahkan agen kami untuk menjangkau pasar yang luas. Oleh karena itu seluruh paket pemasaran kami telah kami sesuaikan berdasarkan kebutuhan agen yang beragam.” Tutup Cally

Menurut keterangan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Survei literasi digital Indonesia pada tahun 2021 berada pada skala 3,47 dari skala 4,00 yang menunjukan bahwa Indonesia berada pada tingkat “sedang” dalam aspek literasi digital. KOMINFO juga menyarankan adanya pendekatan kolaboratif antara pemangku kepentingan untuk mendorong tingkat literasi digital yang dilakukan secara

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *