Rio Haryanto Perjalanan Menuju Klasifikasi Formula 1

Suaraheadline.com – Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, menyatakan bahwa penalti yang didapatkannya terasa berat. Hukuman ini diterima Rio setelah menabrak pebalap Haas Ferrari, Romain Grosjean, pada sesi latihan ketiga, Sabtu (19/3/2016).
Steward menganggap, Rio tidak memerhatikan mobil yang datang dari arah kiri dan sudah berada dalam jalur cepat. Oleh karena itu, Rio mendapat hukuman tiga grid dan dua poin penalti.
“Penalti ini berat, terutama dua poin penalti. Akan tetapi, saya harus menerimanya karena ini sudah menjadi keputusan Federasi Otomotif Internasional (FIA),” kata Rio
Rio kembali memacu MRT05 nomor 88 tidak lama setelah insiden tersebut. Namun, Grosjean harus menunggu perbaikan mobil dan memasuki lintasan pada 30 menit terakhir latihan.
“Saya menerima kepastian penalti beberapa menit setelah dipanggil steward untuk menjelaskan kondisi yang terjadi. Saya benar-benar tidak melihat Grosjean karena fokus saya ke arah kanan,” tutur Rio.
“Akan tetapi, tiba-tiba saja ada mobil dari arah kiri; dan karena jarak di pit lane itu kecil, saya tidak bisa memberinya ruang sehingga terjadilah tabrakan,” kata Rio.
Dengan sayap depan baru, Rio akhirnya mengikuti babak kualifikasi pada hari yang sama. Dia mencatat waktu 1 menit 29,627 detik dan unggul 0,15 detik dari rekan satu timnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein.
“Untuk hasil kualifikasi, saya rasa cukup baik. Semula, saya berencana membuat dua kali lap time, tetapi kehabisan waktu,” ucap Rio.
Pada sesi balapan yang akan berlangsung pada Minggu (20/3/2016), Rio akan start di posisi ke-22. Posisi start paling depan ditempati pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton.(KOM/SH)

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *