RDS Ajak Pelaku UMKM Tangerang Perkuat Produk Lewat Label Berkelas

SuaraHeadline.com Jakarta – RDS Label Solution melalui program kerjanya yang bernama SHERPA bersama dengan Epson mengajak pelaku UMKM di wilayah Tangerang, Banten & sekitarnya untuk meningkatkan hasil produksinya dan memperkuat mereknya dengan pengemasan dan label yang lebih baik dan layak bersaing.

“SHERPA adalah sebuah komunitas dengan program kerja berkelanjutan dari RDS Label Solution untuk seluruh pemangku kepentingan di industri label dan kemasan di Indonesia,” Jelas Damaris selaku SHERPA Program Director yang membuka acara.

Dengan tema “Craft Your Label & Shine, a Label Design Seminar”, diharapkan para pelaku UMKM dapat terinspirasi dan menambah pengetahuan tentang pentingnya label dan desain kemasan untuk meningkatkan minat beli produk.

Program ini melibatkan beragam pembicara dari berbagai kalangan, Lina Mariani Head of Vertical Business & Large Format PT Epson Indonesia, pelaku usaha Nike Kholisoh, praktisi design label Sonny Satriyono, dan perusahaan percetakan label PT Sinjiwira Jaya Abadi.

Seperti diketahui PT Sinjiwira Jaya Abadi merupakan partner dari RDS Label Solution, yang pada saat seminar diwakilkan oleh Imam Suryadi selaku Business Development Manager.

Lina Mariani, Head of Vertical Business & Large Format PT Epson Indonesia, menyampaikan pentingnya sebuah label untuk sebuah produk. Sambil memperkenalkan mesin cetak label terbaru dari EPSON Surepress L-6534 VW. Menurut Lina sticker hanya lah sebuah aksesoris atau dekorasi namun label adalah bagian penting dalam sebuah produk, karena itu tinta yang digunakan haruslah tahan lama dan tahan terhadap air atau minyak. Pada mesin cetak terbarunya, EPSON Surepress L6534 VW mampu mencetak gambar dengan kualitas tinggi hingga 600 x 1200 dpi dan mampu menghasilkan efek cetakan timbul serta vernis digital maupun spot sehingga dapat menambah nilai jual produk maupun nilai brand image dari sebuah produk yang menggunakan hasil cetakan label ini.

Dari sisi praktisi, Nike Kholisoh, brand owner Nikhol Gallery yang juga sebagai Director PT Wastu Kriya Nusantara, turut memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM. Nike menekankan kepada pelaku UKM pentingnya sebuah kreativitas dan semangat dalam berusaha dengan ciri khas salamnya, salam kreatif, salam 3G (Gercep, Geber, Gaspoll). Selain memberikan pentingnya semangat kreativitas Nike juga menekankan pentingnya sebuah label bagi produk. Menurutnya sebuah produk yang memiliki label yang baik, dapat membuat produk tersebut naik kelas.
Sonny Satriyono selaku Founder & Account Director Dampu Design, mengajak pelaku UKM untuk memasukkan narasi dalam label produk mereka. Menurutnya narasi dalam sebuah label produk bisa menarik konsumen karena memberikan mereka wawasan mengapa mereka harus mengkonsumsi atau membeli produk tersebut. Kembali Sonny juga menekankan bahwa kemasan sangat berperan, kadang produk yang bagus namun kemasan kurang juga akan mempengaruhi pembeli untuk membeli.

“Kemasan dengan storyline dan narasi, karena mampu meningkatkan nilai jual, karena konsumen jadi punya alasan kenapa harus beli produknya Anda. Label kemasan juga memiliki fungsi penting yakni mampu membangun citra atau image sebuah produk”, tutur Sonny.

Ikut juga memberikan hal yang tak kalah pentingnya bagi pelaku usaha kecil menengah, Imam Suryadi selaku Business Development Manager PT Sinjiwira Jaya Abadi memperkenalkan investasi mesin cetak label terbaru mereka yaitu EPSON Surepress L-6534 VW dengan segala keunggulannya, salah satunya dapat mencetak spot UV pada label.
RDS melalui program SHERPA berharap, program berkelanjutan ini tidak hanya mampu memberikan pemahaman terhadap teknologi label dan kemasan, namun juga mampu meningkatkan kolaborasi hingga menumbuhkan bisnis-bisnis UMKM Indonesia kedepannya.

Bersama program kolaborasi, mitra bisnis dan jejaring yang dimiliki, SHERPA ingin membuka kesempatan dan jalan seluas-luasnya untuk meningkatkan kerjasama antara pelaku usaha dan penyedia jasa label di Indonesia.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *