Valentinus Sudarjanto Sumito: Pemda Kab Mimika Dukung Penuh UMKM Mimika untuk Naik Tingkat Go National

SuaraHeadline.com Jakarta – Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito turut menghadiri Kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas Apkasi) Tahun 2023 yang bersamaan pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, di Nusantara Hall, ICE BSD Kabupaten Tangerang, Kamis 20 Juli 2023.

Di sela-sela Rakernas APKASI 2023, beberapa awak media mewawancarai Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito.

Terkait Rakernas APKASI 2023 dan Pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023, Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, menyatakan,” Kami memberikan apresiasi yang besar dan ucapan terima kasih kepada APKASI, kami bisa menghadiri dua acara penting Apkasi. Karena melalui Rakernas dan Pameran APKASI ini menunjukkan bahwa para kepala daerah di seluruh Indonesia terus berupaya keras untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19, untuk mengakselerasi pembangunan antara lain melalui perdagangan dan investasi, melalui peningkatan kapasitas para pengusaha UMKM agar perekonomian masyarakat bisa bangkit. Karena melalui Pameran APKASI 2023 ini, pemda-pemda, para buyer dan investor potensial bersinergi. Kami apresiasi APKASI mendukung program-program pemerintah.

“Pemda Mimika membawa dan memamerkan produk-produk unggulan Mimika, seperti kulit buaya, kopi, buah merah, daun gatal (yang fungsinya sama seperti koyo), produk batik Papua. Ada 5 UMKM Mimika yang ikut pameran APKASI 2023 ini.

Lebih lanjut ungkap Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, “Saat ini perekonomian nasional sudah kembali membaik dan meningkat. Kita bersyukur, kita telah berhasil melewati masa-masa kritis pandemi Covid-19. Selama 2,5 tahun perekonomian kita sangat terpukul oleh pandemi covid-19.Tetapi berkat manajemen Covid-19 yang baik dari Pemerintah, kita bisa pulih lebih cepat. Saat ini proses pemulihan ekonomi di daerah Mimika terus diupayakan maksimal

Saat ini perkembangan ekonomi Mimika sangat pesat. Mimika punya banyak potensi alam yang cukup besar yang harus dikelola dengan lebih baik sehingga masyarakat bisa mendapat manfaatnya. Mimika punya hasil laut yang cukup banyak, ada ikan Baramundi yang bisa dibuat fish and chip, ada udang, kepiting, kelapa. Karena Mimika punya hutan bakau yang cukup besar. Potensi Pariwisata Mimika antara lain wisata puncak gunung es (Grassberg).

Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito menjelaskan,’ Dalam Pameran ini, Mimika turut menggelar pameran komoditi dan investasi unggulan daerah Mimika. Pemda Mimika mendukung penuh UMKM Mimika, kami proaktif mendorong pertumbuhan UMKM. Kami mendorong UMKM Mimika didaftarkan ke dalam sistem e-Katalog LKPP , sehingga ekonomi masyarakat hidup dan tentunya kemudian bisa diarahkan untuk memiliki daya saing dan daya dobrak, ke pasar nasional maupun internasional. Kami selalu terbuka kepada siapapun yang ingin berinvestasi di sektor ekonomi di Mimika.

Mimika, tambah Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, memiliki beragam potensi lokal. Ini merupakan suatu kesempatan bagi Mimika untuk mengaktualisasikan dan mengoptimalkan potensi yang ada di daerah Mimika. Tugas Pemda Mimika untuk memacu dan mengakselerasi pembangunan di daerah Mimika untuk meningkatkan kemakmuran, dan mengurangi ketimpangan. Pemda Mimika mendukung optimalkan potensi lokal. Menjadi daya dukung daerah dalam pembangunan Nasional.

Lebih lanjut Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, menuturkan, Pemerintah Daerah Mimika akan terus mencari terobosan dan langkah inovatif, baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna, sehingga tercipta ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerah Mimika. Hingga UMKM Mimika mampu menjangkau pasar nasional hingga global.

Pemda Mimika akan fokus kepada komoditas-komoditas unggulan dari hulu ke hilir secara terpadu serta memperkuat peluang di bidang usaha UMKM.

Terkait Apkasi Otonomi Expo, Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito menegaskan, Event ini dimaksimalkan untuk mempromosikan destinasi wisata, komoditas, dan investasi unggulan daerah Mimika. Harapan kami, pameran APKASI ini bisa menciptakan ekosistem ekonomi kreatif, agar bisa menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan nasional.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *