Kontribusi Niagahoster untuk Bangkitkan Komunitas WordPress Indonesia

SuaraHeadline.com Jakarta – WordPress telah menjadi platform content management system (CMS) nomor satu di dunia. WordPress yang menggunakan teknologi open source dapat berkembang pesat karena memungkinkan para pengembang maupun pengguna untuk mengubah, menyesuaikan, dan memperbaiki WordPress sesuai kebutuhan mereka secara gratis. Hal tersebut pula yang menyebabkan WordPress berevolusi cukup pesat.

Selama 13 tahun terakhir, pertumbuhan WordPress rata-rata meningkat sekitar 1-4 persen. WordPress juga menguasai 43 persen dari semua situs web di internet, dan memegang 65 persen pangsa pasar untuk sistem manajemen konten yang ada. Maka tidak heran jika sekitar 660 website WordPress dibuat setiap harinya.

“Tidak mengherankan jika 90 persen pelanggan Niagahoster juga mempercayakan WordPress sebagai platform website mereka, karena WordPress memang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari blog pribadi hingga website toko online,” ujar Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster, dalam kesempatan Media Meetup, Selasa (30/5/2023).

Sejak awal berdiri, Niagahoster berkomitmen agar setiap orang dapat memaksimalkan potensinya di internet melalui website. Di sisi lain, WordPress sebagai platform website open source mengharapkan kontribusi pengguna agar terus menjadi lebih baik. Sehingga, Niagahoster berusaha untuk ambil bagian dalam upaya mengembangkan WordPress dan komunitasnya.

Keterlibatan Niagahoster dalam Membangkitkan Komunitas WordPress Indonesia

Komunitas WordPress Indonesia terkadang masih dianggap sebagai komunitas yang eksklusif. Padahal nyatanya, semua orang bisa bergabung dengan mudah, bahkan mengorganisir WordPress meetup di kota mereka masing-masing. Komunitas WordPress Indonesia pun terus berusaha untuk dipandang sebagai komunitas inklusif, bukan eksklusif.

Niagahoster sebagai perusahaan web hosting di Indonesia yang memiliki produk WordPress Hosting dan produk yang dioptimasi WordPress, secara aktif giving back pada komunitas WordPress dengan berbagai kontribusi yang dilakukan untuk membangkitkan komunitas WordPress Indonesia dengan mengenalkannya ke masyarakat dan pelanggan Niagahoster.

Bentuk keterlibatan Niagahoster dapat dilihat melalui produk berbasis WordPress, ketersediaan platform internal dan event-event edukasi yang ramah WordPress, dukungan terhadap agenda komunitas, mendelegasikan karyawan dalam program Five for the Future, hingga keikutsertaan dalam program-program yang diadakan oleh komunitas WordPress.

“Harapannya, dengan kontribusi yang terus berjalan, Niagahoster bersama WordPress dapat memperkuat ekosistem open source serta memberikan manfaat yang semakin besar bagi para pelanggan setia,” lanjut Ayunda.

Berkontribusi dalam Five for the Future dan Kegiatan Komunitas WordPress

Tidak hanya menyediakan platform internal yang ramah WordPress dan produk berbasis WordPress, Niagahoster juga berkontribusi pada komunitas WordPress dengan mendelegasikan Hoster Ranger (sebutan karyawan Niagahoster) dalam program Five for the Future.

Five for the Future merupakan sebuah inisiatif yang mempromosikan kontribusi komunitas WordPress terhadap pertumbuhan platform. Kontributor Five for the Future menggunakan 5 persen jam kerjanya setiap minggu untuk pengembangan WordPress. Saat ini, telah ada 10 Hoster Ranger yang berkontribusi secara aktif di berbagai tim, yaitu Community Team, Marketing Team, Photos Team, Polyglots Team, dan Support Team.

“Niagahoster juga telah secara aktif mendukung kegiatan komunitas WordPress. Salah satunya yang terbesar adalah menjadi sponsor dalam WordCamp Gresik 2022 lalu, dan menjadi inisiator untuk kegiatan Road to WordCamp. Hoster Ranger juga berkontribusi sebagai speaker dan organizer di beberapa kegiatan komunitas WordPress, serta hadir dalam WordCamp Asia di Bangkok,” jelas A Sofalul Khazari, Customer and Community Relations Specialist Niagahoster, dalam kesempatan Media Meetup yang sama.

Selain itu, bertepatan dengan anniversary WordPress ke-20 pada 27 Mei 2023 lalu, Niagahoster turut berkontribusi untuk mengadakan event yang memeriahkan perayaan anniversary WordPress ke-20. Antara lain mengadakan event WordPress Championship 2023, menjadi tuan rumah perayaan anniversary yang diadakan oleh komunitas WordPress Jogja, serta turut hadir dalam perayaan yang diadakan oleh komunitas WordPress Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *