Pancasila Selalu Relevan dengan Perkembangan Zaman

SuaraHeadline.com Banyumas – Meskipun teknologi informasi dan komunikai terus berkembang. Dunia dan zaman semakin berubah, nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila selalu relevan dengan perkembangan zaman.

Hal ini disampaikan Anggota MPR RI, Siti Mukaromah, dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar, kepada Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang berlangsung di Banyumas, Kamis (3/11).

“Asas kekeluargaan sangat penting bagi para pelaku UMKM dalam membangun perekonomian Indonesia. Sikap kekeluargaan membangun kolaborasi dalam dunia usaha termasuk dalam membangun rantai yang saling menguntungkan. Siapa memproduksi bahan baku, merakit, distribusi, pemasaran, dan sebagainya,” kata Siti Mukaromah yang akrab disapa Erma ini.

Pemasaran produk UMKM, lanjutnya perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. “Gunakan platform digital. Biaya murah, pemasaran produk bisa menjangkau seluruh Indonesia,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Dirinya mengingatkan, sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam membangun perekonomian Indonesia ini sangat diperlukan. Selain untuk bangkit dari efek Pandemi Covid-19, kebangkitan UMKM juga akan menjadi benteng pertahanan dalam menghadapi resesi global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.