Satupena Akan Diskusikan Keterikatan Masyarakat Pada Mistis dan Klenik di Indonesia

SuaraHeadline.com Jakarta – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi, tentang keterikatan masyarakat Indonesia pada hal-hal yang bersifat supranatural, mistis, klenik, dan hal-hal lain semacam itu.

Obrolan Hati Pena #38 itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis (19/5), pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai narasumber adalah pakar neurosains, Dokter Ryu Hasan. Sedangkan pemandu diskusi adalah Amelia Fitriani dan Anick HT.

Panitia webinar menyatakan, pada ajang MotoGP Mandalika bulan Maret lalu, bagi sebagian rakyat, yang menarik perhatian justru berita tentang Mbak Rara atau Rara Istiani Wulandari. Mbak Rara terlibat menjadi pawang hujan dalam perhelatan di Mandalika tersebut.

Ditambahkan, perjalanan sejarah Indonesia tidak pernah bisa dilepaskan dari pembahasan tentang mistisisme. Cerita tentang Presiden Sukarno selalu dipenuhi dengan perbincangan dunia mistik ini.

Presiden Suharto juga sangat kental dengan dunia ini. Bahkan Presiden Jokowi juga kerap dihubungkan dengan “dunia lain” dalam berbagai langkah dan perilakunya.

Maka menarik untuk mempertanyakan, lalu di manakah posisi rasionalisme. Betulkah modernitas dan rasionalisme tidak serta merta menghapuskan keterikatan masyarakat kita dengan dunia klenik dan mistis ini?

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena38. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *