Said Iqbal Resmi Pimpin Partai Buruh 2021-2026

SuaraHeadline.com Jakarta – Pelaksanaan Kongres Partai Buruh ke 4 resmi berakhir di Jakarta, Selasa (5/10/2021). Pada kesempatan tersebut mereka ikut mengumumkan sususan kepengurusan periode 2021-2026.

Said Iqbal yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) terpilih sebagai Presiden Partai Buruh. Ia dilantik bersama pengurus yang lain, yakni Wakil Ketua Partai Buruh, Agus Supriyadi dan Sekretaris Jendral Partai dijabat Ferri Nurzali.

Ketua Majelis Rakyat Partai Buruh, Sonny Pudjisasono berharap kembalinya Partai Buruh dalam kancah Politik Indonesia bisa menjadi tonggak sejarah menuju Pemilu 2024.

Kemudian, Bendahara Umum Luthano Budyanto, Ketua Badan Pendiri (Majelis Rakyat) Sonny Pudjisasono, Ketua Majelis Nasional Agus Ruli Ardiansyah, dan Ketua Mahkamah Partai Riden Hatam Azis.

Said dalam kesempatan tersebut menyebut Partai Buruh di dirikan oleh 11 organisasi yang disebut Majelis Rakyat Partai Buruh.

“Partai buruh yang lama, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Petani Indonesia (SPI), Organisasi Rakyat Indonesia, Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan, Minyak, Gas Bumi, dan Umum (FSP-KEP), Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi (FSP-Farkes R),” jelas Said.

“Badan pendiri lainnya, yaitu Forum Guru Honorer Tenaga Honorer dan Guru Swasta (FPTHSI), dan Gerakan Perempuan Indonesia,” tambahnya melengkapi.

Said menyebutkan para organisasi pendiri yang tergabung dalam Majelis Rakyat punya hak untuk mengajukan penyelenggaraan kongres dan kongres luar biasa.

“Partai Buruh bukan partai dinasti. Pemiliknya bukan Pak Sony atau Pak Iqbal,” kata Said Iqbal saat jumpa pers.

Selain itu Partai Buruh juga menyematkan nama berbeda pada DPP. Mereka menyebutnya Komite Eksekutif (Exco) yang mempunyai kepengurusan hingga kelurahan dan RT/RW.

Partai kata dia juga memiliki Majelis Nasional, yang terdiri dari Dewan Auditor, Dewan Kebijakan Pembangunan Nasional, Dewan Pakar, Dewan Penasihat, dan Dewan Pembina.

Struktur lainnya yang sejajar dengan Majelis Nasional dan Komite Eksekutif adalah Mahkamah Partai.

Mahkamah Partai, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Partai Politik, akan mengurusi perselisihan internal partai.

Sebagai informasi, Partai Buruh menggunakan warna bendera orange dengan lambang nama partainya di bagian kanan serta logo padi dengan 33 bulir dan 3 rumpun. Dibawah logo tersebut terdapat slogan negara sejahtera.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *