Pupuk Bersubsidi di Pati Bisa Diakses Petani yang Terdaftar di eRDKK

SuaraHeadline.com Pati – Pupuk bersubsidi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dipastikan bisa diakses dengan mudah oleh petani yang sudah tercantum datanya di eRDKK. Pupuk bersubsidi ini diharapan bisa membantu aktivitas pertanian di Pati.

Menteri Pertanian Syahul Yasin Limpo memberikan apresiasi ke Kabaupaten Pati yang serius mengawal pupuk bersubsidi.

“Dengan jumlah yang terbatas, pupuk bersubsidi harus dikawal agar bisa tepat sasaran ke penerima. Dengan bantuan pupuk subsidi, kita juga berharap petani bisa meningkatkan produksi pertanian,” katanya, Selasa (23/2/2021).

Hal senada disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy.

“Pupuk bersubsidi juga diharapkan berdampak pada peningkatan produksi pangan dan komoditas pertanian, melindungi petani dari gejolak harga pupuk, mendorong penerapan pemupukan berimbang, juga memberikan jaminan ketersediaan pupuk,” katanya.

Ditambahkannya, distribusi pupuk subsidi menerapkan prinsip 6 T atau 6 Tepat.

“Prinsip distribusi pupuk subsidi yang diterapkan adalah 6T alias 6 Tepat, yaitu Tepat Jenis, Tepat Mutu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat, Tepat Waktu, Tepat Harga, dan Tepat Sasaran,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati, melalui Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sugiharto SP, menegaskan semua petani yang terdaftar dalam eRDKK berhak memperoleh pupuk bersubsidi.

Ia menerangkan, jika sudah terdaftar dalam eRDKK namun belum memperoleh kartu tani, petani bisa menggunakan cara manual, yaitu dengan mengisi blangko yang disediakan oleh petugas pertanian atau di Kios Pupuk Lengkap (KPL).

Untuk pupuk jenis Urea, kata dia, Kabupaten Pati mendapat alokasi sebesar 98% sehingga bisa memenuhi hampir seluruh rencana kebutuhan pupuk dalam satu tahun.

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *