Hari S. Noegrha : Indonesia Sedang Menuju Pengembangan INSW 2, Dalam Upaya Memangkas Dwelling Time

IMG-20170412-WA0090

Suaraheadline.com – Hal ini disampaikan Hari S. Noegraha di sela-sela sela Seminar yang digagas oles Kaukus Muda Indonesia dengan tema ” Integrasi Indonesia Nasional Single Window ( INSW) dalam Memangkas Dwelling Time” Seminar ini di selenggarakan di Ballroom Sasana Mulyo, Hotel Meredian ,Jakarta. (12/4)

Adapun sebagai pembicara dalam seminar kali ini adalah Kapten Subandi Ketua GINSI,( Gabungan Importir Seluruh Indonesia), Harry S. Nugroho Deputi 1 Bidang Proses Bisnis PP- INSW ,, Nizar Zahro Anggota DPR Komisi V Fraksi Gerindra dan David Pandapotan Sirait Senior Vice President Operations IPC.

Dalam pemaparan di depan peserta seminar Hari mengatakan bahwa Hambatan terbesar yang dihadapi 10 tahun terakhir perkembangan INSW adalah Faktor Non Teknis, sejak dari penataan organisasi, penataan proses bisnis, penataan standar data dan informasi, perubahan payung hukum, standar dan prosedur budaya kerja, dan banyak hal yang tidak bisa di ubah secara cepat dan memerlukan proses perubahan secara bertahap,” ujarnya.

Ditambahkan juga bahwa proses pengembangan INSW masih berjalan terus, saat ini baru pada tahap Integrasi layanan BELUM SINGLE WINDOW sebagaimana diharapkan,” ungkapnya.

” Tahap yang sedang berjalan adalah Integrasi dengan pendekatan mengalirkan dokumen elektronik antar instansi, yang bisa dijejali oleh para pelaku usaha masing-masing secara transparan, belum mencapai penggunaan data bersama sebagai dasar untuk penataan proses bersama.

Sebagai akhir dari presentasi, Hari berharap bahwa pengembangan INSW generasi 2 , akan diperoleh layanan singgle Window yang memenuhi syarat NSW yaitu single submission of data & informason, Single & synchronus processing dan Single decision making proses, sehingga layanan NSW dapat dilakukan dan di proses dimana saja pelaku usaha dan pemberi layanan berada,” pungkasnya.(Budi)

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *