Masjid Istiqlal Siapkan 3.000 Kotak Takjil untuk Berbuka Puasa, Setiap Hari, Selama Ramadhan

Suaraheadline Jakarta – Pihak panitia Amil Ramadhan Masjid Istiqlal Jakarta siapkan 3000 kotak takjil kepada seluruh masyarakat selama bulan Ramadhan 1437 Hijriah.

“Setiap hari akan kami siapkan 3000 kotak takjil. Isinya ada teh kotak, nasi, lauk pauk seperti ayam, rendang dan sayur, selama bulan Ramadhan,” tutur Muhammad Wahyono Wakil Ketua Amil Ramadhan Masjid Istiqlal Jakarta, di Area Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Senin (30/5/2016).

Selain itu, pihak panitia juga akan menyiapkan sebanyak 1000 kotak nasi pada sepuluh hari menjelang Idul Fitri.

Estimasi dana untuk penyediaan 3000 kotak takjil, sambung Wahyono, yakni sebesar 45 juta rupiah perhari.
“Kalau kita hitung-hitung, satu kotak itu 15 ribu rupiah. Jadi total 3000 kotak adalah 45 per hari. Total selama satu bulan, kita siapkan dana sebesar 1.35 miliar,” ungkapnya.

Dana tersebut merupakan sumbangan dari masyarakat dan pemerintah. “Banyak donatur dari jamaah kita, sebagian juga dari pemerintah,” kata Wahyono.

Adapun program yang disiapkan selama bulan Ramadhan adalah sholat taraweh berjamaah yang pada hari pertama akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Imam yang memimpin akan bergantian di setiap harinya. “Ada ulama-ulama besar dari MUI, ada tokoh-tokoh besar nasional juga seperti Pak Mahfud MD, semuanya akan digilir di setiap harinya,” ujarnya

Untuk mewakili semua aliran yang ada di masyarakat, sholat taraweh akan diselenggarakan sebanyak dua gelombang. “Yang pertama 8 rakaat, komposisinya masing-masing 2 rakaat dengan 3 witir,” ungkapnya.

Di saat witir gelombang pertama, masyarakat yang ingin melakukan taraweh gelombang ke dua dipersilahkan untuk menunggu sejenak. Lalu setelah itu akan berganti imam dan kemudian melanjutkan kembali sebanyak 12 rakaat sholat taraweh gelombang ke dua.

Selain itu ada pula bingkisan lebaran untuk 1.000 anak yatim, qiyamul lail (sholat malam) dari jam 1 sampai jam 3 pagi dan program pesantren kilat untuk mahasiswa dan anak-anak sekolah.(SH/WK)

Posted by admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *